TULISAN III



FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
DUNIA BISNIS SECARA UMUM

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak hal atau faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kesinambungan dunia bisnis pada suatu daerah tertentu. Masing – masing dari setiap perusahaan memiliki kemampuan atau daya tahan terhadap setiap faktor – faktor yang berbeda – beda. Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi dunia bisnis secara umum adalah sebagai berikut:
A.    Pihak Internal Dunia Usaha 
                     1. Karyawan: Dengan memiliki sumber daya manusia atau sdm yang baik akan sangat membantu dunia bisnis untuk maju.
      2. Pemegang Saham dan Dewan Direksi: Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.

B.     Pihak Eksternal Dunia Usaha
1.   Pelanggan / Konsumen: Konsumen dapat dibagi atau dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen perorangan atau individu dan konsumen lembaga/perusahaan/bisnis. Konsumen membelanjakan uang yang dimilikinya untuk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.  
2.   Pemasok / Suplier / Suplayer: Membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah.
3.   Pemerintah: Lembaga yang membuat undang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan. 
4.   Serikat Pekerja: Berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerja seperti upah, jam kerja, fasilitas, kondisi kerja, dan sebagainya
5.   Pesaing / Rival: Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat menguasai pasar. 
6.   Lembaga Keuangan: Contohnya seperti bank, asuransi, leasing atau sewa guna, dan lain sebagainya yang membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.
7.   Lembaga Konsumen: Lembaga ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya. Jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan, maka lembaga konsumen akan membantu konsumen.
8.   Kelompok Khusus: Contohnya seperti kelompok sosial, kelompok pecinta alam, dan lain-lain 
9.   Pihak yang Berkepentingan Lain: Memperhatikan lembaga atau organisasi lain yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Jika kita terjun ke dalam bisnis rumah sakit, maka kelompok dokter, paramedis, pasien, dan lainnya harus diperhatikan.

Selain faktor – faktor internal dan eksternal di atas, faktor yang dapat mempengaruhi dunia bisnis secara umum, yaitu faktor lingkungan. Dimana faktor lingkungan yang mempengaruhi dunia bisnis secara tidak langsung ini berada di luar dari elemen pihak internal dan eksternal. Secara bersamaan, faktor internal dan eksternal dengan faktor lingkungan dapat mempengaruhi kondisi dunia bisnis. Variabel – variabel yang secara tidak langsung dapat memberikan efek pada suatu perusahaan, adalah sebagai berikut:
a) Variabel Sosial
  • Faktor demografis: seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.
  •  Faktor gaya hidup : selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.
  • Faktor nilai sosial : adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.
b) Variabel Ekonomi: Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.
  
      c) Variabel Politik: Faktor - faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.  

      d) Variabel Teknologi
     Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain faktor – faktor di atas, berikut ini juga merupakan faktor – faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan bisnis adalah sebagai berikut:
a)  Faktor Ekonomi
  • Jenis usaha yang dipilih harus jenis usaha yang memproduksi kebutuhan masyarakat belum jenuh pasarnya, menguntungkan. Alasannya barang yang dihasilkan akan laku terjual karena benar-benar dibutuhkan masyarakat, pasar yang dimasuki, jumlah produsennya masih sedikit sehingga mungkin akan memenangkan persaingan usaha masih besar, usaha yang menguntungkan akan memperbesar modal dan kemampuan untuk mengembangkan usaha.
  • Modal yaitu besar kecilnya modal harus diperhitungkan dengan matang karena dapat menentukan mutu dan jumlah produk yang akan dihasilkan.
  • Bahan mentah dan bahan penolong yaitu ketersediaanya harus terjamin agar mutu dan harga produk tetap bersaing.
  • Tenaga kerja merupakan faktor ekonomi yang merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan kegiatan, mengontrolnya.

b) Faktor Non Ekonomi
  • Tingkat sosial masyarakat yaitu meliputi tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan selera.
  • Produk yaitu produk-produk yang dihasilkan badan usaha selalu disesuaikan dengan budaya masyarakat yang menjadi konsumennya.
  • Lingkungan yaitu karena lingkungan yang aman, sehat, kondisi masyarakat yang baik sangat membantu kelancaran bisnis.
  • Alam yaitu karena kondisi alam yang tidak bersahabat dapat menggagalkan kegiatan bisnis
  • Kondisi sosial polotik dan hukum yaitu jika kondisi sosial politik dan hukum negara tempat ia berbisnis tidak stabil makam kegiatan badan usaha tersebut akan terganggu.
  • Kebijakan pemerintah bisa dilihat dari pengaruh peraturan pemerinah tentang penurunan bea ekspor yang mendorong eksportir meningkatkan kegiatan ekspornya.

Sumber:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DAN STRATEGI PEMASARAN GLOBAL KOPIKO PT MAYORA INDAH TBK

Norma, Moral dan Etika Dalam Bisnis Global

PILIHAN STRATEGI DALAM MEMASUKI PASAR GLOBAL, EKSPOR, LISENSI, USAHA PATUNGAN, STRATEGI PERLUASAN PASAR DAN PENENTUAN POSISI PASAR